Mengenal Pengukuran Besaran Pokok Beserta Alat Pengukurnya | BelaTIH.com

Mengenal Pengukuran Besaran Pokok  Beserta Alat Pengukurnya – Pengukuran masa banyak sekali digunakan dalam lini kehidupan, misalnya mengukur berat badan, mengukur berat buah, mengukur daging, mengukur berat emas, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan pengukuran panjang, yang mana banyak digunakan dalam bidang pembangunan untuk mengukur hektar tanah, panjang lokasi, dan lain-lain.

Besaran pokok
SC: tertera

 

Pengukuran besaran merupakan salah satu pelajaran mengenai sebuah penentuan besaran dimensi ataupun kapasitas. Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas mengenai pengukuran besaran pokok, yakni besaran panjang, besaran massa, dan besaran waktu. Masing-masing jenis besaran memiliki alat ukur yang berbeda-beda banyak pula jenis alat ukur yang bisa digunakan, namun hasilnya bisa berbeda.

Berikut ini beberapa pengertian dan alat ukur yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari beserta alat ukurnya.

Panjang

Panjang merupakan salah satu besaran pokok yang bisa diukur menggunakan bantuan alat ukur mistar, jangka sorong, dan mirometer skrup. Masing-masing alat ukur ini memiliki fungsi dan cara menghitung yang berbeda. Agar lebih mengenalinya, berikut ini penjelasan dan cara mengukur.

Mistar

Penggaris atau mistar ini merupakan alat ukur panjang yang sederhana. Mistar memiliki 2 jenis, yakni stik meter dan mistar metrik. Alat ukur stik meter sebuah pengukuran besaran pokok didalamnya memiliki panjang 1 meter dengan skala hitung desimeter, sentimeter, dan milimeter.

Sedangkan mistar metrik mempunyai panjang 30 sentimeter. Mistar ini memiliki skala pengukuran paling kecil dengan menggunakan ukuran 1 mm. Yang tergambar dengan jarak garis terkecil diantara dua garis yang berdekatan.

Jangka Sorong

Jangka sorong merupakan alat ukur panjang yang punya batas ketelitian hingga 0,1 mm. Jangka sorong ini biasanya digunakan untuk mengukur diameter bola, diameter sebuah lubang, atau kedalaman.

Dalam Jangka sorong terdapat Skala utama yang terdapat pada batang dan skala nonius yang terdapat pada rahang jangka sorong yang bisa digeser. Skala nonius memiliki skala sebanyak 10 bagian dan panjang 9 mm.

Mikrometer Skrup

Mikrometer sekrup adalah alat ukur panjang yang ketelitiannya paling tinggi. Mikrometer skrup berfungsi sebagai pengukuran ketebalan suatu benda, misalnya ketebalan kertas, ketebalan kain, dan lain sebagainya. Sebab alat ini memiliki tingkat ketelitian ukuran hingga 0,01 mm.

Apabila hendak mengetahui ketebalan sebuah buku, bisa menggunakan alat ukur mikrometer skrup, dengan melihat nilai pada skala utama dan juga skala nonius yang terdapat pada alat ukur.

Massa

Masa merupakan salah satu pengukuran besaran pokok dengan menggunakan alat ukur neraca. Neraca memiliki beberapa jenis, diantarannya adalah neraca pasar, neraca badan, neraca elektronik, neraca lengan, neraca tekan, dan neraca ohaus. Masing-masing neraca ini memiliki bagian dimana terdapat skala beban atau menggunakan bandul sebagai pengatur berat suatu benda.

Pengukur Waktu

Tentu tidak asing lagi dalam kehidupan manusia terkait pengukur waktu. Alat ukur waktu ini menggunakan stopwatch. Terdapat beberapa jenis stopwatch yang bisa didapatkan dipasaran, umumnya stopwatch ini dilengkapi dengan 3  tombol yang masing-masing memilii fungsi berbeda. Tombol start untuk memulai, tombol stop untuk mengentikan, dan tombol reset untuk mengulang.

Itulah sedikit informasi mengenai pengukuran besaran pokok dari panjang hingga waktu. Di lihat dari pengertiannya memang ketiga besaran ini memiliki fungsi yang berbeda dengan tingkat ketelitian yang berbeda pula. Agar bisa mendapatkan hasil akurat perlu alat yang sesuai dengan benda.

Begitulah pembahasan kita mengenai Mengenal Pengukuran Besaran Pokok  Beserta Alat Pengukurnya di artikel kali ini, tetap semangat belajar guys.

Tinggalkan komentar