Fluida Dinamis Dan Hukum Bernoulli : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis Dan Rumus – Belatih.com

Fluida Dinamis Dan Hukum Bernoulli : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis Dan Rumus

 

Pengertian fluida dinamis
Sc: StudioBelajar

 

Untuk anda yang suka dengan ilmu fisika, tentunya anda harus mengetahui apa itu Fluida Dinamis dan Hukum Bernoulli. Sebab salah satu materi yang dipelajari dalam ilmu fisika yaitu fluida. Fluida merupakan sekumpulan partikel yang disatukan oleh gaya kohesif lemah dan dinding wadah. Fluida ini meliputi za cair dan gas. Fluida dibagi menjadi dua berdasarkan keadaan fisisnya, yaitu fluida statis dan fluida dinamis. Pada artikel ini saya akan bahas mengenai fluida dinamis, mulai dari pengertian fluida dinamis, ciri-ciri fluida dinamis hingga jenis aliran fluida.

Pengertian Fluida Dinamis Dan Hukum Bernoulli

Fluida dinamis dan hukum bernoulli atau hidrodinamika ialah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang fluida yang bergerak, mempunyai kecepatan yang konstan terhadap waktu, tidak mengalami perubahan volume, tidak kental dan tidak mengalami putaran-putaran. Fluida dinamis ini mencakup zat cair maupun zat gas.

Ciri-Ciri Fluida Dinamis

Fluida dinamis mempunyai beberapa ciri-ciri sebagi berikut :

1. Mempunyai aliran tunak (steady). Artinya aliran pada fluida dinamis mempunyai kecepatan yang konstan terhadap waktu.

2. Mempunyai aliran stasioner. Maksudnya setiap fluida dinamis memiliki arah aliran tertentu dan tidak terjadi turbulensi (tidak mengalami putaran-putaran).

3. Tidak mengalami gesekan. Artinya pada saat fluida dinamis mengalir, gesekan fluida dinamis degan dinding dapat diabaikan.

4. Tidak kompresibel. Artinya apabila fluida dinamis diberikan tekanan maka volumenya tidak akan berubah.

Jenis Aliran Fluida

Jenis aliran fluida dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :

Aliran Laminer

Aliran laminer ialah aliran ideal dan terjadi pada aliran fluida dengan kecepatan rendah. Aliran laminer merupakan aliran paket fluida yang meluncur bersama dengan paket fluida di sampingnya. Setiap garis (jalur) paket fluida tidak dapat berseberangan dengan garis (jalur) fluida lainnya.

Aliran Turbulen

Aliran turbulen terjadi saat adanya putaran-putaran air pada aliran fluida dengan kecepatan tinggi. Aliran turbulen merupakan aliran paket fluida yang tidak meluncur bersama dengan paket fluida di sampingnya. Setiap garis (jalur) paket fluida dapat bersebrangan dengan garis (jalur) fluida lainnya.

Rumus-Rumus Fluida Dinamis

Debit Aliran

Debit aliran merupakan jumlah volume fluida yang mengaliri persatuan waktu. Untuk menghitung debit aliran fluida dinamis dapat menggunakan rumus dibawah ini :

Q = V / T

Q = Av

Keterangan :

Q = debit aliran fluida (m3/s)

V = volume fluida (m3)

t = selang waktu (s)

A = luasan penampang aliran (m2)

v = kecepatan aliran fluida (m/s)

Persamaan Kontinuitas

Persamaan kontinuitas adalah persamaan yang menyambungkan kecepatan fluida dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Sebelum membongkar hubungan, perhatikan beberapa istilah di dalam aliran fluida tersebut. Yang pertama, garis aliran di artikan sebagai jalur aliran fluida ideal. Kemudian, garis singgung di titik pada garis memberikan arah kecepatan aliran fluida. Lalu, garis aliran tidak berpotongan satu sama lain. Selanjutnya, tabung air ialah kumpulan dari garis-garis aliran air tersebut.

Fluida tidak dapat dimampatkan, oleh karena itu aliran fluida dititik mana pun sama. Apabila ditinjau dari dua tempat, maka debit aliran 1 = debit aliran 2.

Persamaan Hukum Bernoulli

Hukum Bernoulli adalah hukum yang berlandaskan pada hukum kekekalan energi yang dialami oleh suatu aliran fluida. Hukum ini menyebutkan bahwa jumlah suatu tekanan, energi kinetik, dan energi potensial per satuan volume mempunyai nilai yang sama di setiap titik aliran. Apabila dilihat dari dua tempat, maka hukum Bernoulli mempunyai rumus sebagai berikut :

P + ½ ρv2 + ρgh = Konstant

P1 + ½ ρv12 + ρgh1 = P2 + ½ ρv22 + ρgh2

Keterangan :

P = tekanan (Pa)

ρ = massa jenis fluida (kg/m3)

g = percepatan gravitasi (9,8 m/s2)

h = ketinggian air (m)

v = kecepatan aliran fluida (m/s)

Nah itulah informasi mengenai fluida dinamis dan Hukum Bernoulli, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda. 

Tinggalkan komentar